Pabrik NIKE Indonesia

Tangerang dan Serang.!

NIKE Shoes

Running shoes, Walking Shoes,Trainers Shoes.!

NIKE Store

over than 2.000 authorised store.!

Team NIKE

Indoneisa Soccer.!

NIKE Owner

The company was founded on January 25, 1964, as Blue Ribbon Sports, by Bill Bowerman and Phil Knight, and officially became Nike, Inc. on May 30, 1971. The company takes its name from Nike, the Greek goddess of victory..!

NIKE Marketing

HOLISTIC MARKETING STRATEGY.!

Our Blog

Analisa Strategi Pemasaran Global NIKE

Analisa Pemasaran Global dari Produk NIKE 


 Strategi Pemasaran : Pemasaran Holistik

Di era pemasaran abad 21 dikenal adanya konsep pemasaran holistik, yaitu suatu pendekatan yang berusaha menyadari dan mendamaikan ruang lingkup dan kompleksitas aktivitas pemasaran. Konsep pemasaran holistik didasarkan atas pengembangan, desain, dan pengimplementasian program pemasaran, proses, dan aktivitas-aktivitas yang menyadari keluasan dan sifat saling ketergantungan.Pemasaran holistik menyadari bahwa “segala hal berarti” dalam pemasaran – dan bahwa perspektif yang luas dan terintegrasi seringkali diperlukan.
Holistic Marketing

1.         Pemasaran Hubungan
Nike menjalin kerjasama sponsorship dengan para atlit yang popular, tim olah raga yang professional dan tim atletik perguruan tinggi. Beberapa olahragawan terkenal didunia seperti Michael Jordan,Roger Federer, Tiger Woods, Ronaldo, Courtois, Hazard, Ronaldinho dan Wayne rooney. Selain itu Nike juga memilikiperjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, F.C. Barcelona, Arsenal, Juventus, Flamengo, InterMilan,  Valencia C.F.,Atlético de Madrid,Paris Saint-Germain, Boca Juniors, dan Corinthians7.
Dimana melalui jaringan penjualan Jersey Official tim sepak bola di atas secara tidak langsung menjadi manajemen tim adalah mitra penjualan Nike yang saling menguntungkan. Dimana para fans dan supporter tim akan membeli jersey official yang akan dikeluarkan tiap tahun. Selain kostum seragam tim nasional yang bertanding di piala dunia akan dibeli oleh supporter masing-masing negara. 


2.         Pemasaran Terintegrasi
Dalam mendongkrak penjualannya Nike memiliki hal yang khas dalam beriklan. Ciri khas iklan yang dibintangi atlet professional umumnya mengkomunikasikan nilai motivasi dan  inpirasi untuk selalu bersemangat dan pantang menyerah melalui grafis yang jelas dan inovatif dengan sedikit kata-kata. Hal ini menarik pengunjung yang melihat(viewers) iklan tersebut pada situs youtube.com maupun iklan (banner) yang sengaja dikaitkan pada situs resmi Nike hingga saat ini berjumlah ratusan juta orang.
Selain iklan yang bernilai, strategi pemasaran terintegrasi Nike, juga ditunjang dari jaringan distribusi yang hemat biaya dengan memliki 715 pabrik yang tersebar di 44 negara dengan total pekerja hampir 1 juta orang untuk memuhi permintaan produk Nike dan lebih dekat dengan pasar yang tuju.

3.         Pemasaran Internal
Phil Knight sebagai salah satu pendiri dan CEO Nike hingga saat ini, memiliki kepemimpinan dan visi yang kuat untuk mewujudkan merek ini berharga lebih dari 10 bilion dolar dan sabagai salah satu nama besar dalam industri olah raga di dunia. Selain itu, Phil Knight juga telah berhasil membangun budaya perusahaan menggunakan strategi kepemimpinan yang berorientasi pada pencitraan merek ke seluruh jaringan kerjanya di seluruh dunia.
Adapun strategi yang digunakan oleh Phil Knight adalah sebagai berikut :
·         Membangun identitas dan rasa kepemilikan merek Nike kepada dirinya sendiri, pihak manajemen dan pekerja hingga atlet yang disponsori oleh Nike.

·         Menciptakan lingkungan kerja yang tampak seperti arena pertandingan dimana setiap individu dan tim didoktrin mentalitas sebagai pemenang yang akan mendapatkan score dan reward dengan kerja keras dan kerjasama tim untuk mencapai kinerja yang terbaik.
·         Mengkomunikasikan arah kebijakan organisasi secara arogan halus agar semua berada pada trek yang sama menuju target yang sama dan menghargai siapapun yang dapat cepat mengambil keputusan untuk melakukan sasaran akan dicapai.

4.      Pemasaran Kinerja
Fenomena perkembangan teknologi smartphone dengan aplikasi healthcare dan pertumbuhan pusat-pusat kebugaran mengindikasikan pasar baru bagi Nike. Pada Mei 2006 Nike dan Apple, Inc meluncurkan produk pengukur aktivitas olah raga (activity tracker) yang terintegrasi dengan Ipod Nano bernama Nike+ (Nike plus).Produk ini menggabungkan sepatu olah raga, alat pengukur aktifitas, aplikasi pada smartphone dan komunitas olah raga lari.
Selain itu Nike, menyatukan komunitas pelari pengguna Nike+ seluruh dunia melalui website yang terintegrasi pada Nikeplus.com.Dimana dalam satu tahun produk ini diluncurkan telah 22 mil yang terhitung dari seluruh pengguna Nike+.Hal ini tentunya membuat Nike+ menjadi pemain tunggal dan market leader yang memicu pertumbuhan produk smartwatch.

No comments:

Post a Comment

Candra

Semua tentang alam dan sang pencipta seluruh alam

Angga

Arrahman...

Lutfi

HAYANG KAWINN!!!

Yogi

Pangalengan Tiis

Tenten

I'll Finish What I've Started

Yulia Yanti

Allah Maha Adil

Designed By Templatezy

Theme images by richcano. Powered by Blogger.