Strategi Pemasaran : Pemasaran Holistik
Di
era pemasaran abad 21 dikenal adanya konsep pemasaran holistik, yaitu suatu
pendekatan yang berusaha menyadari dan mendamaikan ruang lingkup dan
kompleksitas aktivitas pemasaran. Konsep pemasaran holistik didasarkan atas
pengembangan, desain, dan pengimplementasian program pemasaran, proses, dan
aktivitas-aktivitas yang menyadari keluasan dan sifat saling
ketergantungan.Pemasaran holistik menyadari bahwa “segala hal berarti” dalam
pemasaran – dan bahwa perspektif yang luas dan terintegrasi seringkali
diperlukan.
Holistic Marketing |
1.
Pemasaran Hubungan
Nike menjalin
kerjasama sponsorship dengan para
atlit yang popular, tim olah raga yang professional dan tim atletik perguruan
tinggi. Beberapa olahragawan terkenal didunia seperti Michael Jordan,Roger
Federer, Tiger Woods, Ronaldo, Courtois, Hazard, Ronaldinho dan Wayne rooney.
Selain itu Nike juga memilikiperjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia
seperti Manchester United, F.C. Barcelona, Arsenal, Juventus, Flamengo,
InterMilan, Valencia C.F.,Atlético de
Madrid,Paris Saint-Germain, Boca Juniors, dan Corinthians7.
Dimana melalui jaringan
penjualan Jersey Official tim sepak
bola di atas secara tidak langsung menjadi manajemen tim adalah mitra penjualan Nike
yang saling menguntungkan. Dimana para fans dan supporter tim akan membeli jersey official yang akan dikeluarkan
tiap tahun. Selain kostum seragam tim nasional yang bertanding di piala dunia
akan dibeli oleh supporter masing-masing negara.
2.
Pemasaran Terintegrasi
Dalam mendongkrak penjualannya
Nike memiliki hal yang khas dalam beriklan. Ciri khas iklan yang dibintangi
atlet professional umumnya mengkomunikasikan nilai motivasi dan inpirasi untuk selalu bersemangat dan pantang
menyerah melalui grafis yang jelas dan inovatif dengan sedikit kata-kata.
Hal ini menarik pengunjung yang melihat(viewers)
iklan tersebut pada situs youtube.com maupun iklan (banner) yang sengaja dikaitkan pada situs resmi Nike hingga saat
ini berjumlah ratusan juta orang.
Selain iklan yang bernilai,
strategi pemasaran terintegrasi Nike, juga ditunjang dari jaringan distribusi
yang hemat biaya dengan memliki 715 pabrik yang tersebar di 44 negara dengan
total pekerja hampir 1 juta orang untuk memuhi permintaan produk Nike dan lebih
dekat dengan pasar yang tuju.
3.
Pemasaran Internal
Phil Knight sebagai salah satu
pendiri dan CEO Nike hingga saat ini, memiliki kepemimpinan dan visi yang kuat
untuk mewujudkan merek ini berharga lebih dari 10 bilion dolar dan sabagai
salah satu nama besar dalam industri olah raga di dunia. Selain itu, Phil
Knight juga telah berhasil membangun budaya perusahaan menggunakan strategi
kepemimpinan yang berorientasi pada pencitraan merek ke seluruh jaringan
kerjanya di seluruh dunia.
Adapun strategi yang digunakan oleh
Phil Knight adalah sebagai berikut :
·
Membangun identitas
dan rasa kepemilikan merek Nike kepada dirinya sendiri, pihak manajemen dan
pekerja hingga atlet yang disponsori oleh Nike.
· Menciptakan
lingkungan kerja yang tampak seperti arena pertandingan dimana setiap individu
dan tim didoktrin mentalitas sebagai pemenang yang akan mendapatkan score dan
reward dengan kerja keras dan kerjasama tim untuk mencapai kinerja yang
terbaik.
·
Mengkomunikasikan arah
kebijakan organisasi secara arogan halus agar semua berada pada trek yang sama
menuju target yang sama dan menghargai siapapun yang dapat cepat mengambil
keputusan untuk melakukan sasaran akan dicapai.
4.
Pemasaran Kinerja
Fenomena
perkembangan teknologi smartphone
dengan aplikasi healthcare dan
pertumbuhan pusat-pusat kebugaran mengindikasikan pasar baru bagi
Nike. Pada Mei 2006 Nike dan Apple, Inc meluncurkan produk
pengukur aktivitas olah raga (activity
tracker) yang terintegrasi dengan Ipod Nano bernama Nike+ (Nike plus).Produk ini menggabungkan sepatu
olah raga, alat pengukur aktifitas, aplikasi pada smartphone dan komunitas olah raga lari.
Selain
itu Nike, menyatukan komunitas pelari pengguna Nike+ seluruh dunia melalui
website yang terintegrasi pada Nikeplus.com.Dimana dalam satu tahun produk ini
diluncurkan telah 22 mil yang terhitung dari seluruh pengguna Nike+.Hal
ini tentunya membuat Nike+ menjadi pemain tunggal dan market leader yang memicu
pertumbuhan produk smartwatch.
No comments:
Post a Comment