1.
*Televisi
Untuk media
promosi di televisi, biasanya Nike sering mempromosikannya pada waktu tertentu,
apabila ada kejuaraan-kejuaraan besar seperti Piala Dunia. Untuk tetap bersaing
dengan Adidas, Nike Meluncurkan Aksi Perang Bintang yang diperankan Oleh
Cristiano Ronaldo, Neymar & Wayne Rooney yang ditayangkan di SCTV pada
pukul 23.00 yang bertepatan dengan pembukaan Piala Dunia 2014 di Brazil. Untuk
melihat video nya dapat di search di http://bola.liputan6.com/read/2061908/serunya-aksi-bintang-lapangan-dalam-adu-iklan-adidas-vs-nike.
2. *
Koran
Biasanya Nike
mempromosikan produknya melalui koran apabila ada produk terbaru, Media Sponshorship untuk kejuaraan dunia, Sponshorship pertandingan bergengsi di
dalam negeri, dan lain sebagainya. Nike Juga sering mempromosikan Produknya
melalui Koran Nasional Seperti Koran Sindo. Untuk melihat beritanya, dapat di
lihat di http://lifestyle.sindonews.com/read/942341/160/nike-buka-factory-store-terbaru-1419567242.
3. *Majalah
4.
*Facebook
Dari data yang
di peroleh dari kelompok kami, Nike mempunyai akun Facebook resmi untuk
memudahkan para konsumen melihat produk terbaru, Harga, dan lain sebagainya
untuk tetap loyal terhadap produknya. Adapun akun Facebook Nike Indonesia,
dapat di lihat di https://www.facebook.com/nikefootball.
5.
*Twitter
Dari data yang
di peroleh dari kelompok kami, Nike mempunyai akun Twitter resmi di Indonesia
untuk memudahkan para konsumen melihat produk terbaru, Harga, komunikasi dengan
konsumen dan lain sebagainya untuk tetap
loyal terhadap produknya. Adapun akun Twitter Nike Indonesia, dapat di lihat di
https://twitter.com/nikeindonesia.
6. *
Youtube
Dari data yang
di peroleh dari kelompok kami, Nike mempunyai akun Youtube resmi dengan
tampilan video yang bagus untuk ditonton oleh pengguna yang loyal terhadap
produknya maupun oleh konsumen lainnya. Adapun akun resmi Youtube Nike, dapat
di lihat di
7. *
Instagram
Dari data yang
di peroleh dari kelompok kami, Nike mempunyai akun Instagram resmi dengan
tampilan video & gambar yang bagus untuk dilihat. Selain itu juga,
Instagram merupakan salah satu strategi untuk memasarkan produknya secara online. Adapun akun resmi Instagram
Nike, dapat di lihat di search di https://www.instagram.com/nike/.
8. *
Radio
Dari data yang
diperoleh dari kelompok kami, Nike melakukan media promosi di Radio Gen FM
Jakarta Pada Tanggal 2 Juli 2015 pukul 14:45 WIB. Adapun bukti penyiarannya
dapat di lihat di akun resmi twitter Gen FM https://twitter.com/987genfm/status/616543176644526080.
9. *
Billboard
Dari data yang
di peroleh dari kelompok kami, Nike melakukan media promosi melalui billboard pada saat perhelatan Piala
Euro 2008. Dalam billboard ini,
tampak kiper petr cech sedang menghalau bola.
* Baliho
Dari data yang
diperoleh dari kelompok kami, Nike melakukan media promosi melalui baliho pada
saat menjadi sponshorship kejuaraan
dunia, antar club, maupun kejuaraan
di daerah.
*Poster
Dari data yang
diperoleh dari kelompok kami, Nike melakukan media promosi melalui poster di
tempat – tempat khusus (Nike Store).
1 *Direct Mail
1 *Sales Promotion
Dari data yang
diperoleh dari kelompok kami, Nike akan melakukan media promosi melalui sales promotion pada waktu cuci gudang
& discount produk terbaru. Seperti yang telah kami lihat di Nike Factory
Store Cabang Bogor di Jl. Raya Pajajaran, Bogor Timur., Kota
Bogor, Jawa Barat 16143, Indonesia.
*Event/ Pameran
1 * Hubungan Masyarakat (Corporate
Social Responsibilty)
Dari data yang
diperoleh dari kelompok kami, Nike Pernah Melakukan Kegiatan promosi melalui
hubungan masyarakat atau CSR, tetapi
produk dari Nike sempat di boikot karena melanggar kode etik dengan
mempekerjakan anak di bawah umur, sehingga Program CSR tersebut menjadi tidak efektif untuk dilakukan oleh perusahaan
Nike.
ANALISIS STRATEGI PROMOSI PRODUK NIKE MELALUI ATL (ABOVE THE LINE) DAN BTL
(BELOW THE LINE)
1. 1. Above The Line
Above the line (ATL) adalah segala aktivitas kegiatan promosi/pemasaran yang biasanya
dilakukan dengan tujuan membentuk brand
image melalui media massa.
ATL berarti mempromosikan secara terang-terangan dan memang bertujuan untuk
memamerkan produk sehingga tingkat penjualannya meningkat. ATL yang dilakukan
oleh Nike, Inc. antara lain dengan memasang
iklan produk melalui; TV, radio, majalah, poster, baliho, media sosial dan
media online lainnya seperti yang telah di jelaskan sebelumnya pada bagian The Scope Of Marketing.
2. Below The Line
Below the line (ATL) adalah segala aktivitas kegiatan promosi/pemasaran yang biasanya
dilakukan di tingkat retail/konsumen dengan salah satu tujuannya adalah
merangkul konsumen supaya aware dengan
produk perusahaan. Target audiens terbatas,
media atau kegiatannya memberikan audiens
kesempatan untuk merasakan, menyentuh, atau berinteraksi, bahkan membeli.
Semua aktivitas dari BTL bertujuan untuk mendukung dan mem follow up aktifitas ATL.
Sifat dari BTL merupakan media yang langsung mengena
pada audiens karena sifatnya yang
memudahkan audiens langsung menyerap
satu produk/pesan saja.
BTL yang dilakukan oleh Nike, Inc. antara lain dengan promosi penjualan,
event/pameran, pembinaan konsumen, direct
mail, sponshorship, CSR (Hubungan
Masyarakat) dan media promosi lainnya yang langsung menyentuh konsumen
seperti yang telah di jelaskan sebelumnya pada bagian The Scope Of Marketing.
No comments:
Post a Comment